Sudah sejak dulu bahwa kota Garut memang memiliki beraneka ragam objek wisata bernuansa alami, dan kali ini kami akan membahas tentang wisata kampung Dukuh Garut. Kampung Dukuh adalah sebuah desa yang bernuansakan alam serta tradisinya yang masih sangat kuat berbudaya religi. Semua masyarakat yang bertempat tinggal di kampung Duku ini berpandangan hidup kepada sufusme mazhab Imam Syafii. Karena pandangan hidupnya tersebut, maka berpengaruh terhadap bentuk fisik kampung Dukuh ini. Masyarakat Dukuh ini menjunjung tinggi keselarasan hidup dan keharmonisan. Seperti yang kami katakana tadi akibat dari pandangannya berdasar mazhab Imam Syafii, mengakibatkan bangunan yang ada di kampung tersebut tidak menggunakan tembok, genteng dan kaca.

Mengapa demikian? karena adanya alasan hal yang mewah akan memberi dampak kepada suasana hidup dalam bermasyarakat yang tidak harmonis. Kampung Dukuh ini juga tidak ada listrik serta barang – barang elektronik yang sudah di percaya sejak dulu akan membawa kesejahteraan dan kemudratan tinggi. Kemudian untuk alat makan yang di gunakan terbuat dari kayu atau pepohonan seperti batok kelapa, bambu dan lain sebagainya. Dengan berkunjung ke tempat wisata kampung Dukuh Garut ini, anda juga akan mendapatkan sebuah pelajaran dalam bidang ekonomis serta kesehatan. Menggunakan alat makanan yang terbuat dari kayu atau pepohonan akan memberikan sebuah manfaat kesehatan karena tidak mudah pecah dan bisa menyerap kotoran.

Kemudian pelajaran di bidang ekonomis dari wisata kampung dukuh Garut ini telah di jelaskan bahwa semua masyarakat di kampung tersebut tidak menggunakan listrik. Sehingga anda bisa mencontoh untuk menghemat listrik, selain itu juga akan menjadikan anda hemat untuk biaya membayar listrik. Kampung Dukuh ini tanpa di sadari telah membantu program pemerintah untuk penghematan listrik. TIdak hanya pelajaran itu saja yang dapat anda terima, anda juga bisa belajar tentang budaya yang beraneka ragam di Indonesia, yaitu di kampung Dukuh ini. Kampung Dukuh sering melakukan ritual di antaranya Ngahaturan tuang, jika anda sedang menginginkan sesuatu seperti lancar jodoh, lancar usaha dan lain – lain.

Sumber : http://cikelet.garutkab.go.id/berita-148-wisata-kampung-dukuh-garut-bernuansa-alami.html

ERWIN R WIDIAGIRI/”KP”
43 bangunan kp.dukuh dalam seluruhnya terbuat dari bilik bambu dan atap dari pelepah pohon kelapa dan tanpa penerangan lampu listrik karena tidak diperbolehkan sejak turun temurun. Tampak bangunan rumah warga Kp. Dukuh Ds.ciroyom kecamatan Cikelet Kab. Garut sejumlah anak sedang bermain di halaman rumah mereka.*